Profil SMPIT - PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL AZZAAM

Latest

Jumat, 30 Januari 2015

Profil SMPIT

add facebook kami:

PROFIL PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL AZZAM - SMPIT BINA INSANI
I.  PENDAHULUAN
SMP IT Bina Insani  Semarang sejak awal pendiriannya diniatkan sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang diformat dengan tujuan :
  1. mencetak generasi Qur’ani penghafal Al Qur’an yang berkepribadian utuh dan  unggul dalam ilmu dan amal.
  2. mendidik generasi Islam yang memiliki komitmen ke-Islam-an yang tinggi dengan ciri;  berakidah lurus ( salimul aqidah ),        beribadah benar ( shohihul ibadah ), dan berakhlak mulia ( akhlakul karimah )
  3. melahirkan da’i tangguh yang  mampu mewujudkan ’Izzul Islam wal Muslimain dan menjadi pemimpin bangsa dimasa depan.
Untuk mewujudkan tujuan-tujuan diatas, SMP IT Bina Insani menerapkan konsep pendidikan Islam Terpadu dengan memadukan kurikulum pendidikan nasional dengan KTSP-nya dan materi-materi Diniyah berbasis Syariah Islam. Sedangkan proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari dijalankan dengan pola kepengasuhan berdasarkan prinsip ” 24 Jam Mengasuh dengan Hati dan Keteladanan”. Semua itu diimplementasikan dalam kegiatan yang terencana, terprogram rapi, terarah, bervariasi, dan didukung oleh tenaga pendidik yang kompeten, serta dikelola secara profesional dan akuntabel.
II. LANDASAN GERAK DAN PERJUANGAN
SMP IT Bina Insani, didirikan dengan niatan ikhlas sebagai ladang amal yang diridhoi Allah, digerakkan diatas landasan ideal yang kokoh yaitu :
  1. Al Qur’anul Karim
  2. Al Hadits
  3. Manhaj Ahlussunah wal Jama’ah.
Sementara itu dalam gerak pengelolaan dan operasionalnya dipandu dengan visi, misi, nilai-nilai, dan filosofi pendidikan  yang jelas.
VISI
Terdepan dalam mencetak generasi Qur’ani pengemban risalah Islam  berkafaah ilmiah dan amaliyah tinggi.
MISI
1. Melaksanakan Pembelajaran Saint dan Teknologi yang Berbasis Al Quran
2. Membangun Karakter Islam yang  Mengedepankan Akhlak Qur’aniyah
3. Menyiapkan Kader Dakwah yg Tangguh
4. Melakukan Pembelajaran Al Quran yang Terpadu.
MOTTO KEPENGASUHAN
Duapuluh empat jam mengasuh dengan hati dan keteladanan.
III.  SISTEM PENDIDIKAN  DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
SMP IT Bina Insani adalah lembaga pendidikan yang memadukan sistem pendidikan salafiah ( tradisionil ) dengan sistem pendidikan modern yang berkembang saat ini. Dalam proses pembelajarannya diterapkan  sistem formal dan non formal yang terpadu.
Implementasi sistem formal dalam kegiatan belajar mengajar diwujudkan dalam bentuk pembelajaran dengan sistem klasikal dan sistem talaqi.
SISTEM KLASIKAL
diselenggarakan selama lima hari dalam satu pekan. Santri mengikuti Kegiatatan Belajar Mengajar di kelas mulai pukul 07.30 – 14.05 WIB, dengan kurikulum Diknas ( KTSP ) untuk materi-materi pelajaran umum dan materi-materi pelajaran Diniyah kurikulum pondok. .
SISTEM TALAQI
Diimplementasikan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Dalam sistem ini para santri dibagi kedalam halaqoh-halaqoh tahfidz .Tiap halaqoh beranggotakan 10 orang yang diampu oleh satu ustadz atau ustadzah .Materi talaqi meliputi ziadah dan murojaah.
ZIADAH
kegiatan menghafal dan setoran hafalan baru yang dilaksanakan dipagi hari ba’da subuh sampai jam 6.30 WI.
MUROJAAH
aktivitas mengulang hafalan yang sudah disetorkan agar tidak hilang. Murojaah dilakukan setiap sore ba’da  sholat ‘Asar sampai jam 16.30 WIB.
SISTEM NON FORMAL
adalah aktivitas pembelajaran yang diselenggarakan di luar pembelajaran formal dan biasanya dilakukan diluar kelas. Pembelajaran non formal ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan antara teori dan  praktik  yang menjadi ciri khas SMP IT Bina Insani. Melalui kegiatan ini, ilmu yang diperoleh dari kelas langsung bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Tujuannya, selain untuk mempraktikkan juga menambah dan menguatkan ilmu para santri. Kegiatan-kegiatan non formal yang ada di SMP IT Bina Insani meliputi :
  1. Organisasi Santri Bina Insani ( OSBI ) . Merupakan wadah bagi santri untuk berlatih organisasi dan kepemimpinan.
  2. Muhadharah sebagai wadah latihan ketrampilan berpidato atau orasi dalam bahasa Arab dan Inggris.
  3. Tasmi’ sebagai media bagi santri  menampilkan kelancaran hafalan dengan cara disimak oleh santri yang lain.
  4. Tajwidul Lughoh merupakan kegiatan praktik berbahasa arab terbimbing dimaksudkan agar santri dapat mengasah kelancaran percakapan bahasa Arab dan bahasa Inggris mereka sehari-hari.
  5. Tajwidul Mufrodat merupakan aktivitas pengayaan kosa kata bahasa arab dan bahasa Inggris secara berkelompok.
  6. Ekstrakurikuler dilaksanakan serentak setiap hari sabtu.
  7. Mentoring merupakan bimbingan khusus yang diberikan kepada para santri untuk membentuk  kepribadian Islam.
Sistem formal dan nonformal diiatas diprogramkan dan dipraktekkan secara terpadu, sehingga semua materi merupakan satu kesatuan yang utuh.
Semua Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) dilakukan dengan jadwal yang rapi , terintegrasi, dan rinci seperti dibawah ini.
JADWAL KEGIATAN HARIAN SANTRI
N0
JAM
KEGIATAN
1
03.30 – 05.00
Qiyamul lail ,Sholat Subuh, Dzikir ma’tsurot
2
05.00 – 06.00
Tahfidzul Qur’an  ( menambah dan menyetor hafalan )
3
06.00 – 07.15
Mandi, makan, persiapan sekolah.
4
07.15 – 13.50
Kegiatan Belajar Mengajar Klasikal
5
13.50 – 15.00
Istirahat / Ekstrakurikuler
6
15.00 – 16.30
Sholat Asar dan Tahfidz Al Qur’an ( mengulang hafalan )
7
16.30 –  17.30
Kegiatan mandiri dan MCK
8
17.30 – 18.30
Dzikir ma’tsurat, sholat maghrib, Kajian.
9
18.30 – 19.00
Tahsin qur’an
10
19.00 – 20.00
Sholat Isya’ , Makan Malam, persiapan belajar malam
11
20.00 – 21.30
Belajar malam terbimbing
12
21.30 – 22.00
Tazwidul mufrodat dan persiapan tidur
13
22.00 – 03.30
Tidur malam
V.      KURIKULUM PENDIDIKAN
Kurikulum yang dipakai di SMP IT Bina Insani ada 2 yaitu Kurikulum SMPIT dan Kurikulum Tahfidzul Qur’an.
KURIKULUM SMPIT.
Kurikulum SMPIT adalah kurikulum perpaduan antara kurikulum Departemen Pendidikan Nasional ( KTSP ) dengan kurikulum Diniyah yang disusun secara mandiri oleh SMP IT Bina Insani. Adapun struktur kurikulum itu adalah sbb :
STRUKTUR KURIKULUM
SMPIT Bina Insani
TAHUN  PELAJARAN 2012/ 2013
NO
MATA PELAJARAN
SEMESTER GASAL
SEMESTER GANJIL
Kelas  & Alokasi Waktu
Kelas & Alokasi Waktu
VII
VII
1
PAI
4
4
2
BHS.ARAB
4
4
3
BHS.INDONESIA
4
4
4
MATEMATIKA
5
4
5
IPA
4
4
6
IPS
2
2
7
PKn
2
2
8
BHS.INGGRIS
4
4
9
TIK
2
2
10
LIFE SKILL
1
1
11
PENJASKES
2
2
JUMLAH JAM
35
35
Penerapan kurikulum kedalam kegiatan belajar mengajar selama satu tahun mengikuti Kalender Pendidikan ( Kaldik ) dari Dinas Pendidikan Kota semarang. Pelaksanaan Test Semester Gasal dan Genap, kenaikan kelas, dan kelulusan diprogram sesuai dengan Kaldik Diknas. Sementari waktu dan jam efektif belajar santri disusun berdasarkan kebijakan pimpinan SMP IT Bina Insani
KURIKULUM TAHFIDZUL QUR’AN.
Kurikulum ini disusun secara mandiri oleh SMP IT Bina Insani dengan fokus pada pencapaian target hafalan Al Qur’an para santri selama tiga tahun dengan waktu-waktu talaqi yang telah dialokasikan dan dijadwalkan oleh Pondok. Agar santri tidak hanya hafal tetapi juga bisa memahami kandungan ayat-ayat Al Qur’an, maka disertakan program pendukungnya. Adapun kebijakan kurikulum tahfidz seacara umum adalah sebagai berikut :
LANDASAN PENYUSUNAN KURIKULUM
  1. Tahfidz adalah mapel istimewa
  2. Materi penunjang diantaranya: tajwid, tafsir, tasmi’, daurah al qur’an
  3. Target pondok sebanyak 15 juz selama 3 tahun
  4. Nilai-nilai al qur’an menjadi spirit aktifitas.
RINCIAN PENCAPAIAN TARGET
NO
KELAS
TARGET SMPIT
1
VII
Juz 30,29,1,2,3
2
VIII
Juz 4,5,6,7,8
3
IX
Juz 9,10,11,12,13
TEKNIS PENCAPAIAN TARGET
  1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa halaqah
  2. Rasio pengampu dan santri = 1:15
  3. Seluruh pengampu tahfidz dibawah koordinasi seorang mas’ul tahfidz
  4. Mas’ul tahfidz adalah seorang master hafidz yang mutqon fii tilawah
  5. Alokasi waktu terbagi menjadi tiga : bakda shubuh, ashar, isya’
  6. Ujian tahfidz melalui pintu seorang master hafidz.
MARHALAH TAHFIDZ.
Untuk menjamin mutu tahfidz maka dibuat jenjang-jenjang pemenuhan kompetensi dalam tahfidz atau yang lebih dikenal dengan marhalah tahfiz. Ada dua marhalah yang harus dilalui para santri untuk dinyatakan lulus yaitu :
Marhalah Tahsin.
Marhalah ini harus dilalui seluruh santri agar santri memiliki kompetensi membaca Al Qur’an secara tartil baik fashohah maupun tajwidnya. Ada empat marhalah tahsin yaitu :
  1. Tahsin makhraj
  2. Tahsin nun mati dan mim
  3. Tahsin mad
  4. Tahsin ghorib
  5. Marhalah Tahfidz.
Marhalah ketika santri sudah dinyatakan lulus marhalah tahsin.
Ada tiga hal yang dijadikan pedoman dalam pencapaian marhalah yaitu :
  1. Marhalah tahsin harus selesai dalam waktu 4 bulan
  2. Sebelum tahsin selesai, santri tidak boleh masuk marhalah tahfidz
VII.      PENUTUP
Demikian pemaparan kami mengenai profil SMP IT Bina Insani.Semoga dapat memberikan informasi yang jelas bagi Departemen Agama dan pihak-pihak lain yang terkait. Kami sudah memulai dan melangkah untuk mewujudkan pendidikan Islam yang maju dan berkaulitas lewat Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an yang kami kelola. Kami mempunyai komitmen yang kuat untuk maju dan terus berkembang mendidik generasi Al Qur’an yang memiliki ilmu amaliyah dan kafaah ilmiah yang tinggi. Kami berharap kelak generasi ini akan menjadi pemimpin-pemimpin umat yang bisa mewujudkan Islam yang Rahmatan lil ‘alamin.

Popular

VIDEO PROFIL